Latest News

Saturday, March 10, 2012

Kenalkah Aku Akan Gereja Katolik?


Gereja Katolik adalah Gereja Kristen terbesar di dunia yang memiliki 1,2 milyar anggota, yakni kira-kira setengah dari seluruh umat Kristiani dan seperenam dari populasi dunia. Gereja Katolik adalah sebuah komuni (persekutuan) dari Ritus Barat (Ritus Latin) dan 22 Gereja Katolik Timur (disebut gereja-gereja partikular), yang membentuk 2.795 keuskupan pada 2008.

Otoritas duniawi tertinggi Gereja ini dalam perkara iman, moral dan pemerintahannya adalah Sri Paus, saat ini Paus Benediktus XVI, yang memegang otoritas tertinggi bersama-sama Dewan Uskup, yang diketuainya. Komunitas Katolik terdiri atas seorang pelayan-umat tertahbis (rohaniwan) dan umat awam; baik rohaniwan maupun umat awam dapat pula menjadi anggota dari komunitas-komunitas religius.
Gereja Katolik mendefinisikan bahwa misinya adalah memberitakan Injil Yesus Kristus, memberikan pelayanan sakramen-sakramen dan melakukan karya amal. Gereja Katolik menjalankan program-program dan lembaga-lembaga sosial di seluruh dunia, termasuk juga sekolah-sekolah, universitas-universitas, rumah-rumah sakit, misi-misi dan perumahan, serta organisasi-organisasi seperti Catholic Relief Services, Caritas Internationalis dan Catholic Charities yang membantu kaum papa, keluarga-keluarga, orang-orang jompo, dan orang-orang sakit.
Melalui suksesi apostolik, Gereja Katolik merupakan satu-satunya Gereja yang didirikan oleh Yesus Kristus dengan mentahbiskan Santo Petrus sebagai Paus pertama Gereja Katolik, sebuah pandangan yang juga dianut oleh banyak sejarawan. Gereja Katolik menetapkan doktrin-doktrinnya melalui berbagai konsili ekumenis, meneladani para rasul pertama dalam Konsili Yerusalem. Atas dasar janji-janji Yesus pada rasul-rasulNya yang tertera dalam Injil, Gereja Katolik selalu dituntun oleh Roh Kudus dan oleh karena itu Gereja Katolik selalu terlindungi dari terjadinya kesalahan doktrin (infable).

Keyakinan-keyakinan Katolik didasarkan atas deposit iman (mencakup baik Kitab Suci maupun Tradisi Suci) yang diwarisi dari zaman Rasul-Rasul, dan yang diinterpretasi oleh Otoritas Pengajaran Gereja (Magisterium Gereja). Keyakinan-keyakinan tersebut terangkum dalam Kredo Nicea, dan secara resmi dirinci dalam Katekismus Gereja Katolik. Peribadatan Katolik yang formal, yang disebut liturgi, diatur oleh otoritas Gereja. Ekaristi, salah satu dari tujuh sakramen Gereja dan bagian penting dari setiap Misa Katolik atau Liturgi Suci Katolik Timur, adalah pusat dari peribadatan Katolik.

Dengan sejarah yang membentang sepanjang dua ribu tahun, Gereja Katolik adalah satu-satunya Gereja tertua di dunia dan telah berperan penting dalam sejarah peradaban dunia, Gereja ini berdiri sejak tahun 33 Masehi dengan pendirinya yaitu Tuhan Yesus Kristus. Pada abad ke-11, sebuah perpecahan besar yang disebut Skisma Akbar terjadi antara Gereja Timur dan Barat yang terutama diakibatkan oleh Konstantinopel yang memisahkan diri dari Gereja Katolik sebagai Gereja mula-mula. Seiring berjalannya waktu kemudian Gereja-Gereja Timur kembali menjalin persekutuan dengan Uskup Roma, Sri Paus, dan membentuk Gereja Katolik Timur, sedangkan Gereja-Gereja yang menolak untuk bersatu dengan Gereja Katolik menamakan dirinya Gereja Ortodoks. Kemudian, pada abad Ke-16 terjadi reformasi Protestan yang menyebabkan tumbuh puluhan ribu macam sekte yang berbeda-beda. Dengan mengetahui sejarah Gereja, paling tidak kita dapat mengetahui manakah Gereja mula-mula yang didirikan oleh Tuhan Yesus Kristus di atas batu karang dan alam maut tidak akan menguasainya.

Gereja Katolik adalah "Gereja yang satu, kudus, katolik, dan apostolik", didirikan oleh Yesus Kristus, tempat orang dapat menemukan kepenuhan sarana keselamatan, tetapi Gereja Katolik mengakui bahwa Roh Kudus dapat menggunakan komunitas-komunitas Kristiani lainnya untuk membawa orang menuju keselamatan. Gereja Katolik adalah Gereja yang dipanggil oleh Roh Kudus untuk mengupayakan kesatuan antar segenap umat Kristiani, sebuah gerakan yang dikenal sebagai ekumenisme.

In Spiritu Domini

No comments:

Post a Comment

Recent Post