Latest News

Wednesday, January 18, 2012

Menjadi Katolik Yang Tidak Peragu



Apa saja sih yang wajib disadari oleh umat Katolik untuk sungguh-sungguh tetap mengikuti jalan kebenaran Kristus?

Jawabannya :

1. Setiap orang yang mau menjadi Katolik harus menerima sakramen permandian/baptis.

2. Lalu akan berlanjut menerima sakramen penguatan/krisma karena diri kita menyadari bahwa iman itu bertumbuh menjadi dewasa. Kedua sakramen ini merupakan sakramen yang hanya diterima satu kali dalam hidup, dengan kata lain kita mendapat materai kekal dari Allah (tidak akan bisa terhapuskan sampai kapanpun juga).


3. Setiap orang yang menerima sakramen baptis harus melaksanakan perintah Tuhan Yesus yang ada di Matius 28:19-20 "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."


Orang bisa murtad dari Gereja Katolik, ya banyak sekali.

Ada 1001 alasan yang bisa keluar dari perkataan orang tersebut, diantaranya :

1. Gimana ya khan saya dapat jodoh yang orangnya baik banget, cantik/ganteng lagi, mapan/bahkan kaya raya.

2. Khan sama saja kita bisa melakukan ibadat bersama saudara di gereja seberang, khan sama-sama pengikut Kristus juga.


3. Suami/istriku itu khan sangat baik bagiku, daripada rumah tanggaku berantakan ya aku ikut saja dengan agama suami/istriku.


4. Misa di Katolik kan bikin ngantuk, di gereja seberang enak musiknya ajep-ajep, bisa berjoget ria, WL nya juga cantik/ganteng.


5. Gereja Katolik kan gerejanya orang tua, kolot. Kita anak muda ke gereja seberang aja.


6. Gereja Katolik tuh nyembah patung, nyembah santo santa, nyembah paus, dll.

Dan banyak lagi alasan yang tidak masuk akal lainnya.


Untuk itu akan saya paparkan tentang alasan mengapa kita tidak salah memilih untuk menjadi Katolik :

1. Gereja Katolik adalah satu-satunya Gereja yang didirikan oleh Tuhan Yesus sendiri di atas batu karang (Mat 16:18) pada tahun 33 M.

2. Rasul Petrus yang menjadi Paus Pertama Gereja Katolik, diangkat oleh Yesus sendiri (Yoh 21:15-17)


3. Kitab Suci (Alkitab) adalah hasil kanon dari Gereja Katolik melalui Magisterium Gereja dan Tradisi Suci yang tidak dapat salah.


4. Gereja Katolik memiliki 7 sakramen yang berdaya guna dan sah melalui ajaran Kristus sendiri.


5. Gereja Katolik memiliki ajaran dan hukum gereja kanonik yang jelas sehingga umat bisa mengetahui mana hal yang boleh dilakukan atau tidak. Semisal aborsi, euthanasia, perkawinan sejenis yang banyak gereja malah menghalalkan.


6. Misa Gereja Katolik kita dapat makan Tubuh Kristus asli 100%, bukan menjadi simbol tapi benar2 Tubuh Kristus melalui konsekrasi Doa Syukur Agung (Luk 22:19).


7. Dalam Katolik bahwa setiap dari kita diberi oleh Tuhan malaikat pelindung dan santo/santa pelindung. Kita bisa minta tolong kepada malaikat dan santo pelindung itu untuk melindungi kita senantiasa (Kel 23:20).


8. Gereja Katolik adalah gereja yang satu, tidak terpecah belah (1 Kor 1:10), seperti doa Yesus agar mereka semua dihimpun menjadi satu kawanan dalam satu gembala. (Yoh 10:16)


9. Gereja Katolik memiliki berbagai macam doa, sangat kaya akan doa. Baik doa devosi maupun dalam liturgi.


10. Gembala Gereja Katolik, penerus Rasul Petrus yang adalah Paus Roma dalam hal mengajar bersifat infabel, tidak dapat salah dalam hal iman dan moral (Mat 16:19).


11. Kitab Suci mengatakan bahwa kita harus berpegang pada dasar ajaran lisan maupun tertulis (2 Tes 2:15), Gereja Katolik memiliki 2 ajaran tersebut yakni ajaran secara tertulis melalui Kitab Suci dan ajaran lisan melalui ajaran para Bapa Gereja (Magisterium Gereja) dan Tradisi Suci.


12. Gereja Katolik adalah satu-satunya Gereja yang dijanjikan oleh Tuhan sendiri akan bertahan hingga akhir zaman dan alam maut tidak akan menguasainya, sebagai bukti bahwa Gereja Katolik masih kokoh berdiri sejak 2.000 tahun yang lalu walaupun sering mengalami badai dan goncangan namun tetap kokoh berdiri di atas batu karang.

Untuk itu kita harus bangga menjadi orang Katolik dan tidak perlu ragu akan status kita sebagai Katolik.

In Spiritu Domini

No comments:

Post a Comment

Recent Post